5 Manfaat Pupuk NPK Mutiara untuk Durian

manfaat pupuk npk mutiara untuk durian

Manfaat pupuk NPK Mutiara untuk durian ternyata bisa memengaruhi rasa buah duriannya. Mengingat, pupuk NPK Mutiara ini mengandung unsur hara penting bagi durian. Yaitu nitrogen-N, fosfor-P, kalium-K, sulfur-S, dan magnesium-Mg yang berpengaruh besar terhadap kehidupan durian.

Nah, unsur-unsur tersebut durian butuhkan tidak hanya untuk tumbuh optimal, tetapi juga pembentukan karakter rasa manis. Oleh karena itu, peranan NPK Mutiara ini sangatlah penting untuk hasilkan buah yang berkualitas baik.

Manfaat Pupuk NPK Mutiara untuk Tanaman Durian

Manfaat Pupuk NPK Mutiara untuk Tanaman Durian

Dengan kandungan N (nitrogen) 15%, P (fosfor) 15%, K (kalium) 15%, S (sulfur) 8%, dan Mg (magnesium) 1%, pupuk NPK Mutiara mendukung durian untuk produktif secara optimal. Misalnya saja deretan manfaat berikut ini.

1. N (Nitrogen)

Di bawah ini merupakan deretan manfaat penting dari unsur nitrogen-N bagi tanaman durian.

  • Mendukung produksi asam nukleat dan protein yang krusial bagi metabolisme durian.
  • Menambah optimal pertumbuhan dari percabangan juga daun durian, ini berguna untuk menambah tingkat produksi buah.
  • Menaikkan kualitas buah melalui pembentukan klorofil, sehingga fotosintesis bisa lebih efektif.
  • Memperkuat sistem perakaran, sehingga bisa menyerap nutrisi lebih baik lagi untuk pertumbuhan batang dan produksi buah.

Akan tetapi, ada dampak buruk jika kadar nitrogen-N tidak balance. Sebab, jika over maka  dapat mengurangi angka produksi buah. Hal ini terjadi lantaran bagian vegetatif tumbuh terlalu baik, sehingga untuk generatifnya kurang.

Sedangkan jika durian kekurangan nitrogen-N, maka bisa membuat pertumbuhan lebih lambat serta menghasilkan buah dengan kualitas yang kurang baik. 

2. P (Fosfor)

Pada tanaman durian, berikut ini adalah contoh manfaat dari unsur fosfor-P sehingga peranannya tidak boleh terlewatkan.

  • Bermanfaat dalam mempercepat pertumbuhan akar, sehingga akar bisa menyerap nutrisi dari tanah lebih efisien.
  • Mendukung produksi bunga, serta buah, juga kualitas buah yang akan dihasilkan.
  • Berguna untuk memperkuat sistem pertahanan tanaman durian dari gangguan penyakit dan hama.
  • Fosfor-P dapat mendukung tanaman durian untuk adaptif dan berdaya tahan terhadap kondisi lingkungan yang ekstrim, seperti saat kekeringan atau ketika suhu rendah.

3. K (Kalium)

Pada tanaman durian, unsur kalium-K ini memiliki manfaat yang luar biasa. Misalnya saja meningkatkan kualitas buah dengan mendukung produksi klorofil pada daun. Sehingga, proses fotosintesis bisa efisien dan metabolisme tanaman jadi lebih optimal lagi.

Selain itu, tingkat warna buah pun unsur kalium ini pengaruhi. Termasuk rasa manisnya, kepadatannya, dan ukurannya bisa berubah mengikuti kadar kalium yang tanaman serap. Selain itu, K ini juga bermanfaat untuk menaikkan daya tahan durian terhadap penyakit dan stres lingkungan.

Kalium-K yang over bisa dapat menyebabkan stres kekurangan air pada tanaman. Sedangkan kekurangan malah bisa menyebabkan kekeringan serta beragam masalah pertumbuhan pada durian.

4. S (sulfur) 8%

Sulfur-S pada tanaman durian memainkan beberapa peran penting, seperti:

  • Membentuk senyawa organosulfur pada tanaman durian, yang memberikan aroma dan rasa khas pada buah.
  • Meningkatkan kandungan gula pada buah.
  • Bisa membunuh mikroorganisme patogen pada tanaman, yang membantu menjaga kesehatan durian dan menambah produksi buahnya.
  • Membantu pembentukan protein dan enzim yang proses pertumbuhan dan pembentukan buah butuhkan, sehingga mendorong produksi lebih baik pada buah pada tanaman durian.

5. Mg (Magnesium)

Magnesium adalah salah satu komponen yang durian butuhkan dalam proses fotosintesis. Selain itu, juga membantu membentuk karbohidrat dan gula pada buah durian, sehingga dapat meningkatkan kualitas buah dan rasa.

Tanaman durian yang mendapatkan asupan magnesium yang cukup cenderung lebih tahan terhadap stres lingkungan seperti kekeringan atau suhu tinggi. Juga bisa membantu menjaga keseimbangan pH tanah dan meningkatkan kemampuan tanah dalam menyerap nutrisi lainnya.

Kelebihan dosis pupuk NPK mutiara untuk durian dalam bentuk magnesium dapat menyebabkan tanaman kekurangan air dan keracunan, sedangkan kekurangan magnesium dapat menyebabkan defisiensi magnesium pada tanaman dan mengurangi produksi buah.

Tanda-Tanda Pupuk NPK Mutiara untuk Durian Butuhkan

manfaat pupuk npk untuk pohon durian

Jika durian kekurangan nutrisi yang ada dalam pupuk NPK Mutiara, maka bisa tampak gejala-gejala sebagai berikut:

  • Pertumbuhan terhambat, tidak seperti durian lain di jenis dan usia yang sama. 
  • Daun durian yang kekurangan nutrisi akan memiliki warna pucat atau kuning. 
  • Daun durian yang kurang nutrisi akan lebih kecil dari biasanya dan tidak memiliki bentuk yang sehat, bahkan tidak berbuah sama sekali.
  • Kekurangan nutrisi juga dapat mempengaruhi kualitas buah durian seperti rasa, tekstur, dan aroma.

Demikianlah manfaat pupuk npk mutiara untuk durian, ternyata tidak hanya untuk kelihatan subur. tetapi juga untuk output buah yang dihasilkannya. namun, tetaplah berhati-hati dalam pemberian pupuk tersebut, seba jika jumlahnya tidak sesuai malah berakibat fatal untuk tanaman. Semangat berkebun.

Posting Komentar untuk "5 Manfaat Pupuk NPK Mutiara untuk Durian"

Iklan di sini (iklan 1)
Iklan di sini (iklan2)
Iklan di sini (iklan 3)
Iklan di sini (iklan 4)
Iklan di sini (iklan 5)