10 Manfaat Pupuk NPK Mutiara untuk Tanaman

Kenali Manfaat Pupuk NPK Mutiara


Manfaat pupuk NPK mutiara memang sangat baik untuk tanaman. Karena dengan menggunakan jenis pupuk tersebut dapat membantu memaksimalkan pertumbuhan tanaman.

Bagi Anda yang belum mengetahui, pupuk NPK adalah jenis pupuk buatan yang memiliki dua bentuk yaitu cair dan padat.

Pupuk NPK merupakan gabungan tiga unsur hara yaitu Nitrogen (N), Fosfor (P), dan Kalium (K). Penggabungan dari ketiga unsur hara tersebut dapat membantu pertumbuhan tanaman dengan maksimal dan sempurna.

Artikel ini akan membahas secara rinci apa saja manfaat dari penggunaan pupuk NPK mutiara untuk tanaman. Untuk itu simak hingga akhir, ya!

Manfaat Pupuk NPK Mutiara untuk Tanaman

Apa Saja Manfaat Pupuk NPK Mutiara


Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa penggunaan pupuk NPK sangat baik untuk tanaman. Misalnya manfaat pupuk NPK mutiara untuk cabe adalah agar merangsang pertumbuhan buah maupun calon buah pada tanaman cabe.

Selain itu terdapat manfaat lainnya dari pupuk NPK mutiara, seperti beberapa manfaat di bawah ini:

1. Meningkatkan Produksi Daun

Adanya kandungan nitrogen pada pupuk NPK mutiara membuat pupuk ini bisa membantu meningkatkan produksi daun pada tanaman.

Itulah mengapa penggunaan pupuk NPK mutiara sangat dianjurkan untun tanaman sayur-sayuran, seperti bayam, kangkong, sawi, dan lain-lain.

Selain sayur-sayuran tersebut, pupuk NPK mutiara juga sebaiknya Anda aplikasikan pada tanaman jagung. Manfaat pupuk NPK mutiara untuk jagung salah satunya adalah agar warna daunnya tidak berwarna kekuningan.

2. Merangsang Pertumbuhan Vegetatif

Selain meningkatkan produksi daun, adanya unsur nitrogen pada pupuk NPK mutiara juga membantu pertumbuhan komponen lainnya dalam tanaman seperti batang dan cabang. Sehingga tanaman akan lebih cepat tinggi, dengan jumlah cabang dan anakan yang lebih banyak.

3. Memperkuat Batang

Unsur fosfor yang terkandung dalam pupuk NPK mutiara dapat membantu memperkuat batang tumbuhan menjadi lebih kokoh.

Ini bisa menjadi salah satu manfaat pupuk NPK mutiara untuk durian, agar pohon durian Anda tidak mudah roboh saat terkena angin maupun hujan lebat.

4. Merangsang Pembentukan Akar Baru

Selanjutnya unsur fosfor juga dapat membantu merangsang pembentukan akar baru pada tanaman.

Banyaknya cabang perakaran akan memberikan manfaat yaitu tumbuhan lebih mudah dalam menyerap unsur hara dengan lebih optimal.

5. Merangsang Pembentukan Bunga dan Buah

Pemberian pupuk NPK mutiara dapat membantu dalam merangsang terbentuknya bunga dan buah. Tidak hanya itu, adanya unsur fosfor juga dapat membantu mempercepat proses pematangan pada buah.

6. Meningkatkan Ketahanan Tumbuhan

Unsur lainnya yaitu Kalium dalam pupuk NPK mutiara dapat membantu meningkatkan ketahanan pada tumbuhan. Misalnya tumbuhan jadi lebih tahan akan serangan penyakit.

Bahkan adanya unsur kalium juga dapat meningkatkan toleransi terhadap cuaca yang panas, kekeringan, dingin, bahkan beku. Jadi pupuk NPK mutiara ini sangat penting untuk proses pengembangan semua jenis tumbuhan dalam cuaca yang tidak menentu.

7. Membantu Translokasi Karbohidrat

Manfaat lain dari pupuk NPK mutiara adalah dapat memacu translokasi karbohidrat  dari daun ke organ tanaman lainnya. Penggunaan pupuk ini sangat dianjurkan untuk tanaman penyimpan karbohidrat seperti padi dan umbi-umbian.

8. Sebagai Aktivator Enzim

 Pupuk NPK mutiara juga bisa menjadi aktivator enzim. Karena kurang lebih 80 jenis enzim membutuhkan unsur kalium untuk proses aktivasinya. Dan unsur kalium tersebut bisa Anda temukan dalam pupuk NPK.

9. Menjadi Komponen Utama Asam Amino

Asam amino merupakan unsur yang penting dalam proses pertumbuhan tanaman. Karena untuk membentuk protein agar bisa bertahan hidup, tanaman membutuhkan kandungan asam amino. Dan nitrogen merupakan komponen utama dalam asam amino.

10. Membuat Warna Hijau Daun Lebih Baik

Manfaat lainnya adalah penggunaan pupuk NPK mampu memberikan warna hijau daun yang lebih baik pada tanaman. Karena unsur nitrogen memiliki peranan yang penting untuk klorofil (zat warna hijau daun).

Warna hijau daun akan mendorong proses fotosintesis yang baik, serta j membuat tanaman terlihat lebih sehat dan segar.

Beberapa manfaat pupuk NPK mutiara di atas menjadi bukti bahwa penggunaan pupuk tersebut sangat penting dalam proses pertumbuhan tanaman Anda. 


Posting Komentar untuk "10 Manfaat Pupuk NPK Mutiara untuk Tanaman"

Iklan di sini (iklan 1)
Iklan di sini (iklan2)
Iklan di sini (iklan 3)
Iklan di sini (iklan 4)
Iklan di sini (iklan 5)