Mengenal Kandungan Pupuk Phonska untuk Pertumbuhan Tanaman

kandungan pupuk phonska

Setiap jenis pupuk memegang peranan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Sebab, memiliki kandungan yang memberikan nutrisi penting bagi tanaman untuk bertahan hidup dan berkembang. Kandungan pupuk Phonska adalah salah satunya.

Pupuk Phonska cukup populer dan sering digunakan oleh para petani. Lantas, apa itu pupuk Phonska, apa saja kandungannya, dan mengapa pupuk phonska menjadi pilihan?

Simak artikel berikut ini.

Apa itu Pupuk Phonska?

apa itu pupuk phonska

Pupuk Phonska adalah jenis pupuk butiran yang sering digunakan untuk pertanian. Pupuk jenis ini kaya nutrisi, termasuk di dalamnya nitrogen (N), fosfor (P), dan kalium (K). Oleh karena itu nama Phonska adalah singkatan dari ketiga unsur tersebut. Selain itu, pupuk ini juga mengandung trace element seperti besi, mangan, tembaga, dan seng.

Kandungan Pupuk Phonska

Kandungan Pupuk Phonska

Untuk memahami lebih jauh mengenai kandungan pupuk Phonska, berikut ini penjelasannya.

1. Nitrogen (N)

Seperti yang kita ketahui, tanaman tentu saja membutuhkan nutrisi nitrogen untuk tumbuh dan berkembang. Nutrisi ini penting karena dapat membuat daun pada tanaman menjadi hijau dan sehat. 

Nitrogen juga membuat protein dan DNA untuk pertumbuhan dan reproduksi tanaman. Sementara itu, pupuk Phonska punya banyak nitrogen yang dapat membuat tanaman tumbuh lebih kuat dan lebih tahan penyakit dan serangan hama.

2. Fosfor (P)

Fosfor penting untuk tumbuh dan berkembangnya tanaman. Fosfor menjadi komponen utama ATP (adenosin trifosfat), sumber energi utama dalam sel. Selain itu, fosfor juga sangat penting dalam DNA dan RNA, yang membantu pembelahan dan pertumbuhan sel. 

Dalam pupuk Phonska, terkandung fosfor dengan persentase yang tinggi, yang membantu akar berkembang dan meningkatkan hasil panen bunga dan buah.

3. Kalium (K)

Kalium adalah nutrisi penting dalam pupuk Phonska. Nutrisi ini sangat penting untuk mengatur air dalam tanaman, mencegah tanaman menjadi layu dan mempertahankan tekanan turgor. 

Selain itu, kalium juga berperan penting dalam aktivasi enzim dan pertumbuhan tanaman. Pupuk Phonska mengandung kandungan potasium yang tinggi, yang sangat membantu tanaman melawan stres dan meningkatkan kualitas buah.

4. Elemen lainnya

Pupuk Phonska juga punya unsur mikro, seperti besi, mangan, tembaga, dan seng. Meskipun diperlukan dalam jumlah yang lebih sedikit daripada nutrisi utama, mikronutrien ini sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman. 

Besi sangat penting dalam pembuatan klorofil, sedangkan mangan berperan penting dalam fotosintesis. Tembaga dan seng membantu mengaktifkan enzim dan memproduksi protein.

Alasan Pupuk Phonska Banyak Digunakan 

manfaat Kandungan Pupuk Phonska

Selain kandungan nutrisinya, pupuk Phonska dikenal oleh banyak petani karena merupakan pupuk pupuk granular yang mudah diaplikasikan. Manfaat pupuk Phonska banyak sekali.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa pupuk Phonska begitu populer di kalangan petani.

1. Efektif

Komposisi unsur hara yang seimbang dari pupuk Phonska menyediakan unsur hara yang tanaman butuhkan pada berbagai tahap pertumbuhan. Nitrogen dalam pupuk Phonska mendorong pertumbuhan vegetatif, sedangkan fosfor dan kalium masing-masing mendorong perkembangan akar dan produksi bunga dan buah.

2. Hemat Biaya

Selain itu, pupuk Phonska juga hemat biaya. Harganya relatif murah dibandingkan jenis pupuk lainnya. Di mana merupakan pilihan yang cocok di kalangan petani skala kecil yang memiliki anggaran terbatas. 

Pupuk Phonska mulai diproduksi pada tahun 2000 dan dijual ke seluruh Indonesia pada Agustus 2000. Biasanya, pupuk Phonska tersedia dalam kemasan 20 kg dan 50 kg. Namun, karena bersubsidi, pupuk Phonska tidak dijual di pasaran umum, hanya bisa dibeli oleh petani yang tergabung dalam kelompok tani tertentu.

3. Cocok untuk Semua tanaman 

Alasan lain mengapa pupuk Phonska populer di kalangan petani adalah kompatibilitasnya dengan berbagai jenis tanaman. Cocok untuk berbagai tanaman, antara lain padi, jagung, kedelai, sayuran, dan pohon buah-buahan.

4. Tahan Lama

Pupuk Phonska terkenal karena efeknya yang tahan lama. Ini dapat memberikan pasokan nutrisi yang stabil ke tanaman untuk waktu yang lama, sehingga penggunaannya tidak terlalu sering. Hal ini menjadikannya pilihan yang sangat baik bagi petani yang ingin memaksimalkan hasil mereka sambil meminimalkan biaya pupuk.

Penutup

Kandungan pupuk Phonska sangat efektif dalam mendorong pertumbuhan dan perkembangan tanaman serta kualitas panen. Meskipun demikian, penggunaan pupuk Phonska harus memperhatikan dosis sesuai anjuran. Hal ini agar tidak terjadi pemupukan berlebihan dan pencucian nutrisi. 

Posting Komentar untuk "Mengenal Kandungan Pupuk Phonska untuk Pertumbuhan Tanaman"

Iklan di sini (iklan 1)
Iklan di sini (iklan2)
Iklan di sini (iklan 3)
Iklan di sini (iklan 4)
Iklan di sini (iklan 5)