Tutorial Lengkap Cara Menggunakan Pupuk NPK Mutiara

cara menggunakan pupuk npk

Banyaknya manfaat NPK mutiara untuk tanaman membuat jenis pupuk yang satu ini banyak digunakan oleh para petani. Untuk itu artikel ini akan mengulas secara lengkap bagaimana cara menggunakan pupuk NPK mutiara, agar tanaman Anda tumbuh dengan maksimal.

Tahukah Anda bahwa saat ini pupuk NPK menjadi primadona bagi tumbuhan. Pasalnya pupuk ini bisa Anda gunakan untuk tanaman dengan skala besar maupun tanaman dengan skala rumahan saja.

Pupuk primadona yang satu ini mengandung tiga unsur penting yang baik untuk tanaman dalam proses pertumbuhannya. Ketiga unsur tersebut adalah natrium (N), fosfor (P), dan kalium (K).

Tidak dapat dipungkiri memang kegunaan pupuk NPK mutiara dapat menjadi penunjang kesehatan dan pertumbuhan tanaman.

Agar pertumbuhan tanaman Anda bisa maksimal, maka berikut penjelasan cara penggunaannya.

Cara Menggunakan Pupuk NPK Mutiara yang Tepat

Cara Menggunakan Pupuk NPK Mutiara

Pupuk NPK mutiara ini bisa menyuburkan seluruh organ tanaman, dari mulai akar, batang, daun, hingga bunga dan buahnya.

Hanya saja dengan catatan, hasil tersebut bisa Anda dapatkan apabila penggunaan pupuk NPK mutiaranya memang sudah tepat. Karena apabila keliru, maka yang Anda dapatkan adalah sebaliknya yaitu tanaman menjadi rusak.

Kerusakan pada tanaman yang bisa terjadi akibat penggunaan pupuk NPK mutiara yang tidak tepat adalah, tanaman Anda akan layu, terbakar, gosong, hingga menyebabkan kematian pada tanaman.

Tentu kerusakan-kerusakan tersebut adalah jadi salah satu hal yang paling menyeramkan bagi mereka yang membudidaya tanaman

Untuk menghindari berbagai kerusakan tersebut, Anda bisa mengikuti beberapa langkah dalam penggunaan pupuk NPK mutiara yang baik dan benar.

1. Larutkan 10 Gram Pupuk NPK ke Dalam 1 Liter Air

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan air sebanyak 1 liter dalam wadah atau ember, kemudian tambahkan 10 gram pupuk NPK.  Karena takaran dosis NPK mutiara 1 kg adalah dicampurkan dengan 100 liter air.

Untuk takaran, 10 gram pupuk NPK setara dengan kurang lebih setengah sendok makan.

Setelah pupuk larut dalam air, maka tugas Anda selanjutnya adalah mencampurkannya hingga merata.

Apabila sudah tercampur rata semuanya, siapkan wadah takaran kecil untuk Anda gunakan pada saat proses penyiraman pada tanaman.

2. Siramkan Pupuk

Terdapat beberapa catatan yang perlu Anda perhatikan dalam menyiramkan pupuk NPK mutiara pada tanaman.

Yang pertama, jangan sampai penyiraman pupuk mengenai batang dan daun. Kedua, untuk penyiraman tanaman pada polybag kecil Anda bisa menggunakan setengah cangkir kecil untuk penyiraman.

Selanjutnya yang ketiga adalah pastikan Anda menyiramkan pupuk NPK mutiara hanya satu kali dalam seminggu saja. Karena apabila Anda menggunakan pupuk ini terlalu sering akan memberikan resiko yang buruk pada tanaman

Setelah itu, pastikan Anda menggunakan pupuk NPK mutiara secara berkala hingga tanaman Anda memasuki fase pembungaan dan pembuahan.

Tips Penggunaan Pupuk Mutiara agar Hasil Panen Maksimal

Tips Penggunaan Pupuk Mutiara

Untuk memaksimalkan hasil dari penggunaan pupuk NPK mutiara terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan yaitu:

1. Pastikan Usia Tanaman sudah Dewasa

Untuk hasil yang lebih baik, maka hindari penggunaan pupuk NPK mutiara pada tanaman yang masih kecil.

Jadi Anda baru bisa menggunakan pupuk yang satu ini ketika tanaman Anda sudah terbilang dewasa.

2. Jangan Menaburkannya pada Tanaman

Perlu Anda ketahui bahwa penaburan pupuk NPK mutiara langsung pada tanamannya ternyata tidak baik untuk tanaman itu sendiri.

Akan tetapi apabila Anda ingin menggunakannya dengan cara menaburkannya, maka terdapat cara khusus yaitu pastikan Anda menaburkannya jauh dari batang tanaman. Jarak minimal untuk penaburan pupuk NPK setidaknya 50 cm dari batang tanaman.

Cara khusus tersebut tidak disarankan bagi Anda yang menanam pada polybag dengan ukuran yang kecil. Karena khawatirnya apabila Anda menaburkannya maka akan terkena langsung pada batang tanamannya, karena ruang pada polybag yang tidak terlalu luas.

Itulah informasi lengkap mengenai cara menggunakan pupuk NPK mutiara yang baik dan benar. Jadi bagi Anda yang berencana menggunakan jenis pupuk yang satu ini pastikan untuk menerapkan cara-cara di atas, ya!

Posting Komentar untuk "Tutorial Lengkap Cara Menggunakan Pupuk NPK Mutiara"

Iklan di sini (iklan 1)
Iklan di sini (iklan2)
Iklan di sini (iklan 3)
Iklan di sini (iklan 4)
Iklan di sini (iklan 5)