Cara Membuat Pupuk Organik Mudah di Rumah

Cara Membuat Pupuk Organik

Anda suka berkebun? Ingin memanfaatkan bahan-bahan bekas di dapur untuk membuat pupuk atau penyubur tanaman tapi tidak tahu caranya? Tidak perlu khawatir, karena kami akan membagikan cara membuat pupuk organik, dan bisa Anda coba sendiri di rumah.

Cara membuat pupuk organik padat, maupun yang cair, ternyata tidak terlalu sulit. Anda bisa memanfaatkan barang-barang yang ada di rumah untuk membuatnya.

Sekilas Tentang Pupuk Organik

pupuk organik

Bagi yang belum tahu, penyubur tanaman organik merupakan salah satu penyubur bagus untuk pertanian dan kebun. Bahan-bahannya menggunakan bahan alami seperti hewan, limbah organik, hingga bahan nabati.

Penyubur tanaman ini juga sangat ramah lingkungan. Selain itu juga tidak berbahaya bagi kesehatan manusia maupun hewan peliharaan.

Ada banyak kiat untuk membuatnya. Selain cara membuat pupuk organik dari kotoran sapi, Anda juga bisa mengolah limbah rumah.

Selain kotoran hewan, contoh lainnya seperti cara membuat pupuk organic cair dari air cucian beras yang kini tengah populer.  Bahan tersebut juga bagus untuk kebun Anda di halaman depan atau belakang rumah.

Bagaimana Cara Membuatnya Sendiri?

cara membuat pupuk organik sendiri

Penasaran ingin tahu cara membuatnya? Berikut ini kami sudah merangkum langkah-langkahnya agar Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan seadanya.

1. Memilih Bahan Baku yang Tepat

Pertama-tama, pilih bahan baku yang berkualitas baik. Bahan baku yang baik yang bisa Anda gunakan di antaranya seperti sisa-sisa sebagai berikut:

  • Makanan
  • Sayuran
  • Buah-buahan
  • Limbah sayuran atau buah-buahan

Selain bahan yang sudah kami sebutkan di atas, Anda juga bisa menggunakan kotoran hewan ternak, salah satunya seperti kotoran sapi. Semua bahan tersebut bebas dari bahan kimia berbahaya sehingga aman untuk kesehatan.

2. Mengumpulkan Bahan-Bahan di Satu Tempat

Kumpulkan bahan baku organik dalam jumlah yang cukup di satu tempat. Pastikan bahan baku yang Anda kumpulkan masih segar dan belum membusuk.

Bahan-bahan yang masih bagus, atau belum membusuk, adalah bahan yang tepat agar kualitas penyubur tanaman yang Anda buat memiliki manfaat yang baik.

3. Menghancurkan Semua Bahan-Bahan Pupuk

Setelah bahan baku Anda kumpulkan, setelah itu hancurkan bahan tersebut menjadi potongan-potongan kecil. Anda dapat menggunakan mesin penghancur atau memotongnya dengan pisau tajam.

Tujuan menghancurkan bahan-bahan ini yaitu agar bekas-bekas bahan tersebut bisa Anda aplikasikan dengan mudah.

4. Membuat Tumpukan Kompos

Buatlah tumpukan kompos dengan bahan baku yang telah Anda hancurkan. Pastikan tumpukan kompos memiliki ketinggian minimal satu meter dan lebar satu setengah meter.

Anda juga dapat menggunakan wadah khusus untuk membuat kompos. Anda bisa menggunakan jolang besar khusus atau drum khusus untuk membuatnya.

5. Menambahkan Bahan Khusus untuk Pengikat

Tambahkan bahan khusus ke dalam tumpukan kompos. Bahan khusus ini berfungsi untuk pengikat yang biasa digunakan untuk membuat penyubur tanaman organik.

Beberapa jenis bahan yang bisa Anda gunakan antara lain seperti jerami, dedaunan kering, atau bahan organik lain yang mengandung serat.

6. Biarkan Kompos Terurai

Agar bahan tersebut berubah jadi penyubur yang utuh, Anda harus membiarkannya selama beberapa bulan. Lama waktu ideal untuk menyimpan kompos agar terurai yaitu selama 3 hingga 4 bulan.

Selama proses terurai, pastikan tumpukan kompos tetap lembap dengan menyiramkan air secara teratur. Jika kompos terlalu kering, silahkan Anda tambahkan air secukupnya.

7. Selalu Mengecek Kematangannya

Setelah 3 hingga 4 bulan, cek kematangan kompos dengan cara memeriksa warnanya yang harus berubah menjadi coklat tua dan tanah yang sudah terurai. Jika kompos masih segar, biarkan kompos terurai lebih lama.

8. Saring dan Kemas Pupuk yang Sudah Jadi

Setelah matang, saring kompos dengan menggunakan ayakan halus. Pupuk organik Anda siap digunakan. Anda dapat menyimpannya di dalam kantong atau wadah kedap udara agar tidak lembap.

Setelah itu, Anda bisa mengaplikasikannya sesuai dengan kebutuhan. Semakin banyak bahan yang Anda buat, maka akan semakin banyak tanaman yang bisa Anda kasih pupuk tersebut.

Itulah cara membuat pupuk organik dengan menggunakan berbagai macam bahan-bahan yang sudah tidak Anda gunakan di rumah. Bagaimana, tertarik untuk membuatnya sendiri? Yuk, siapkan bahan dan alat-alatnya, sekarang!

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Pupuk Organik Mudah di Rumah"

Iklan di sini (iklan 1)
Iklan di sini (iklan2)
Iklan di sini (iklan 3)
Iklan di sini (iklan 4)
Iklan di sini (iklan 5)