Panduan Lengkap Cara Membuat Pupuk NPK Cair Sendiri

Panduan Membuat Pupuk NPK Cair Sendiri


NPK atau unsur N (nitrogen), P (fosfor), dan K (kalium), menjadi tiga jenis unsur hara yang dapat memberikan manfaat bagi tanaman.  Sehingga pupuk NPK sangat baik apabila Anda aplikasikan pada tanaman. Cara membuat pupuk NPK cair sendiri juga cukup mudah, dengan bahan-bahan yang mudah Anda temukan.

Pembuatan pupuk NPK juga bisa menghemat biaya pengeluaran karena Anda tidak perlu lagi membeli pupuk NPK di pasaran.

Seperti yang kita ketahui harga pupuk NPK di pasaran relatif mahal dan cukup sulit untuk Anda temukan di kios kios.

Memang pemerintah memberikan subsidi pupuk NPK kepada para petani, akan tetapi jumlah subsidi tersebut tidak sebanding dengan jumlah kebutuhan para petani akan pupuk NPK. Untuk mensiasati hal tersebut solusinya adalah dengan membuat pupuk NPK sendiri.

Agar pupuk NPK yang Anda buat lebih aman, maka Anda bisa membuat pupuk NPK cair organic dengan menggunakan bahan-bahan yang mengandung unsur NPK organik dan Anda temukan.

Bahan-Bahan untuk Membuat NPK Cair Organik

Gunakan Bahan Terbaik Untuk Membuat Pupuk NPK Cair Sendiri


Sebelum masuk ke tahapan cara meracik pupuk NPK, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu bahan-bahan apa saja yang perlu Anda persiapkan.

Terdapat beberapa bahan yang akan Anda gunakan untuk membuat pupuk NPK sendiri. Seperti beberapa bahan-bahan di bawah ini:

1. Unsur Nitrogen (N)

Untuk membuat pupuk NPK maka Anda harus mengumpulkan terlebih dahulu bahan-bahan yang memiliki kandungan unsur NPK organik.

Beberapa bahan yang mudah Anda temui dan memiliki unsur hara Nitrogen adalah:

  • Daun Pepaya
  • Daun Singkong
  • Kromolina
  • Daun Kelor
  • Ketela Rambat
  • Binahong
  • Tanaman Afrika
  • Kacang Tanah

Perlu Anda ketahui bahwa dari semua tanaman tersebut, bagian yang akan Anda gunakan untuk membuat pupuk NPK adalah bagian daunnya saja. Karena pada bagian daun dalam tanaman-tanaman tersebut mengandung unsur nitrogen yang cukup banyak.

2. Unsur Fosfor (P)

Terdapat beberapa jenis tanaman yang bisa Anda temui dengan mudah dan mengandung unsur fosfor yang tinggi, seperti:

  • Batang dan pelepah pisang
  • Daun bambu
  • Dedaunan kering
  • Jamur-jamur yang menyala biasanya hidup di bawah pohon-pohon bambu

Agar hasil pupuk NPK yang Anda buat sendiri maksimal, maka Anda harus menggunakan tanaman-tanaman di atas sebagai sumber dari unsur hara fosfor.

3. Unsur Kalium (K)

Selanjutnya untuk membuat pupuk NPK cair sendiri maka Anda juga harus mengumpulkan tanaman dengan kandungan Kalium yang tinggi sebagai salah satu bahan utamanya.

Beberapa diantara bahan yang memiliki kandungan kalium yang tinggi adalah:

  • Daun Nangka
  • Sabut kelapa
  • Batang dan pelepah daun pisang
  • Setelah Anda mengumpulkan bahan-bahan yang memiliki unsur hara NPK, maka selanjutnya Anda bisa masuk ke proses pembuatan pupuknya.

Cara Membuat Pupuk NPK Cair

Tips Membuat Pupuk NPK Cair Sendiri


Terdapat beberapa tahapan cara membuat NPK organik sendiri. Anda bisa mengikuti tahapan-tahapan di bawah ini:

1. Haluskan Semua Bahan

Tahapan pertama yang harus Anda lakukan adalah menghaluskan semua bahan yang akan Anda gunakan.

Proses penghalusan bisa Anda lakukan dengan memotong bahan-bahan hingga ukurannya kecil-kecil. Lalu haluskan menggunakan alat bantuan seperti blender, dengan menambahkan air cucian beras sebanyak 3 liter.

 2. Campurkan Semua Bahan

Setelah bahannya halus, lalu Anda bisa mencampurkan semua bahan-bahan tersebut dalam wadah yang memadai seperti ember besar. Lalu aduk semua bahan tersebut hingga merata.

3. Masukan Bahan Fermentasi

Salah satu rumus membuat NPK adalah dengan menambahkan bahan fermentasi, misalnya menambahkan mol tape ataupun mol lainnya sebanyak 200 ml.

4. Tambahkan Gula Merah

Agar mikroorganisme dalam tape aktif, maka Anda harus menambahkan gula halus yang telah Anda haluskan sebanyak 2 ons. Setelah itu Anda bisa mengaduknya kembali.

Apabila tidak ada gula merah maka Anda juga bisa menggantinya dengan gula putih atau molase, dengan catatan jumlahnya harus sama.

5. Masukkan Semua Bahan ke Wadah (Jerigen)

Setelah semua bahan tercampur rata, maka selanjutnya adalah menyimpannya dalam wadah seperti jerigen. Kemudian simpan selama 15-20 hari.

Perlu Anda ketahui bahwa tutup wadah jerigen harus dibuka setiap harinya untuk mengeluarkan gas yang terkandung.

6. Lakukan Penyaringan

Tahapan terakhir cara membuat pupuk NPK cair sendiri adalah dengan menyaringnya terlebih dahulu, kemudian setelah itu Anda sudah bisa menggunakannya untuk menyuburkan tanaman.

Itulah beberapa cara membuat pupuk NPK cair sendiri. Tanaman yang sehat perlu pemberian pupuk yang berkualitas. Anda bisa membuatnya sendiri agar hasilnya pun lebih bagus dan melimpah.   


Posting Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Membuat Pupuk NPK Cair Sendiri"

Iklan di sini (iklan 1)
Iklan di sini (iklan2)
Iklan di sini (iklan 3)
Iklan di sini (iklan 4)
Iklan di sini (iklan 5)