Pupuk Ultradap Tanaman Jagung

 

Pupuk Ultradap Untuk Tanaman Jagung

Pupuk Ultradap Untuk Tanaman Jagung - Pupuk ultradap ini sangat cocok sekali digunakan untuk semua tanaman, termasuk tanaman jahung. 

Pupuk ultradap ini diproduksi oleh PT saprotan. Kalau di pasaran, harga pupuk ultradap di toko sekitar Rp.35.000, pada bungkusnya terdapat gambar Pak Tani bawa traktor.

Apa fungsi pupuk ultradap pada tanaman jagung

Apa fungsi pupuk ultradap pada tanaman jagung, salahnya adalah Pupuk Ultradap untuk Tanaman Jagung mempunyai banyak keunggulan terutama di masa vegetatip jagung.

kandungan pupuk ultradap, antara lain:  nitrogen sebanyak 12 persen dan phosphate sebanyak 60%.

Proses aplikasi yang baik dan pas untuk tanaman jagung adalah pada waktu usia jagung memasuki dua puluh hari. Gunakan sekitar lima sendok makan pupuk, tapi kalau jagungnya masih agak merah pakai dosis rendah dulu, karena jagung yang agak merah itu berarti tandanya udah belum sehat.

Cara Pengaplikasian Pupuk Ultradap

Cara pengaplikasian pupuk ultradap ini terbilang sangat mudah. Bisa ditabur, juga bisa disprei tapi lebih cocok jika di sprei atau disemprot.

Pupuk ini berbentuk kristal yang dapat larut 100% dalam air dengan cepat.

Kita aduk lima sendok makan ultradap, karena pupuk ini berbentuknya kristal maka sangat mudah larut dalam air, sehingga berbentuk nitrat yang mudah diserap tanaman.

Karena tidak perlu menunggu terlalu lama untuk langsung dimakan atau diserap oleh tanaman jagung.

Untuk campurannya bisa kita tambahkan pakai insektisida, terserah merk insektidanya apa saja. Kalau jagung masih kecil-kecil, tambahkan Insektisida kontak  sekitar 2 ml. 

Untuk pemberian aplikasinya terserah, bisa seminggu sekali, empat hari sekali. Terserah yang penting aplikasinya itu sampai sekitar umur 40 hari. 

Setelah 49 hari ke atas, kita udah enggak pakai ultradap lagi. Teman-teman pakai jenis pupuk lain yang kandungannya kalium biar buahnya nanti bagus.

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi tentang pupuk daun yang cocok diaplikasikan untuk tanaman jagung pada fase vegetatif yaitu pukul terhadap yang diproduksi oleh saprotan utama.

Manfaat pupuk ultradap untuk tanaman jagung

Manfaat pupuk ultradap untuk tanaman jagung, salah satunya adalah dari kandungan fosfat yang terdapat pada pupuk ini adalah untuk merangsang pertumbuhan akar, pembentukan batang dan merangsang pembentukan bunga jagung.

Jadi nanti Batang jagung yang kita pupuk akan menjadi besar dan otomatis buahnya pasti juga akan menjadi besar.

Manfaat pupuk ultradap untuk tanaman jagung, yaitu:

  1. Pertama dapat merangsang pertumbuhan akar kemudian pembentukan batang dan bunga. Jagung yang sudah disemprot pakai ultradap batangnya akan lebih besar sehingga tongkolnya pun nanti pasti besar.
  2. Untuk manfaat ultradap yang kedua adalah merangsang dan memacu pertumbuhan tanaman jagung. Kandungan nitrogen dan fosfat pada pupuk ultradap terhadap sesuai dengan kebutuhan tanaman jagung Pada usia muda sehingga pertumbuhannya akan lebih normal dan maksimal.
  3. Selanjutnya manfaat yang ketiga adalah meningkatkan ketahanan tanaman jagung terhadap serangan penyakit seperti busuk batang karet daun dan bulai dikarenakan pada pupuk ultradap mengandung unsur fosfat yang tinggi sehingga dapat membentuk imunitas pada tanaman jagung.
  4. Kemudian untuk manfaat yang keempat adalah tanaman jagung yang sudah dipupuk menggunakan Oh ultradap pada jagung akan lebih hijau sehingga akan lebih irit dalam penggunaan pupuk tabur.

Adapun cara untuk menggunakan pupuk ultradap pada tanaman jagung bisa dengan cara ditabur dikocor dan disemprot namun saya sarankan untuk menggunakan pupuk ini dengan cara disemprotkan ke daun dan batang agar lebih irit dan juga lebih efektif.

Sedangkan waktu yang tepat menggunakan pupuk ultradap adalah pada saat jagung memasuki usia 12 hari setelah tanam dengan dosis 2-4 gram per liter air atau dua sampai empat sendok makan untuk tangki spray ukuran 16 liter.

Kemudian untuk interfal penggunaannya adalah aplikasikan tujuh hari sekali sampai usia jagung 40 hari setelah tanam atau sebelum memasuki fase pembungaan.

Demikianlah Informasi bermanfaat seputar tentang Pupuk Ultradap Untuk Tanaman Jagung.

Selanjutnya baca juga : hormon pembesar tongkol jagung


Posting Komentar untuk "Pupuk Ultradap Tanaman Jagung"

Iklan di sini (iklan 1)
Iklan di sini (iklan2)
Iklan di sini (iklan 3)
Iklan di sini (iklan 4)
Iklan di sini (iklan 5)