Varietas Jagung Tahan Air

varietas jagung tahan air

Varietas jagung tahan air. Apakah teman-teman sudah mempersiapkan bibit jagung untuk ditanam.

Kalau belum inilah 8 bibit terbaik yang saya rekomendasikan dan cocok untuk ditanam pada musim penghujan.

Pada musim penghujan tanaman jagung sangat rentan sekali terhadap serangan berbagai penyakit seperti busuk batang, bulai, hawar daun dan busuk buah, maka dari itu kita harus sedini mungkin untuk mencegah hal tersebut tidak terjadi pada tanaman jagung kita.

Salah satu langkah yang tepat untuk mencegah serangan penyakit pada tanaman jagung di musim penghujan adalah dengan cara memilih bibit terbaik yang benar-benar tangguh dan tentunya bisa menghasilkan panen yang maksimal.

Inilah 8 bibit terbaik yang benar-benar tangguh dan cocok untuk ditanam di musim penghujan:

  1. KS 89 Monster. benih jagung monster ks 89 KS 89 monster ini adalah bibit dari Thailand dan pada musim penghujan kemarin saya pernah tanam dan memang tidak mengecewakan bibit ini. bibit jagung monster, Benih jagung hibrida yang mempunyai kelebihan biji benih kecil tahan bulai dan busuk batang, rendemen tinggi dan cocok ditanam di musim penghujan.
  2. Jagung ADV Jago. Jagung ini biasanya kita kenal dengan jagung raksasa. Harga Benih Jagung Adv Jago Jagung ini mempunyai beberapa keunggulan seperti tongkol besar sehingga rendemen tinggi, batang besar dan kokoh serta.tahan terhadap berbagai penyakit dan yang paling penting jagung ADV jago ini cocok ditanam di musim penghujan. Berapa umur jagung adv jago dan Potensi Hasil Jagung ADV Jago
  3. Bisi 18. Bisi 18 adalah produk unggulan dari PT Bisi internasional Tbk. Dari tahun ke tahun selalu banyak peminatnya, dikarenakan bibit jagung ini terkenal dengan ketahanannya terhadap segala macam penyakit dan tentunya hasilnpanennya Sangat tinggi. Untuk harga bibit Bisi 18 rata rata di atas Rp.100.000
  4. P36 Bekisar. Benih jagung hibrida yang mempunyai nama P-36 bekisar memiliki tiga keunggulan seperti tongkol lebih besar, panen lebih cepat dengan usia 90 hari setelah tanam dan lebih tahan dari serangan bulai. Selain itu bibit P-36 bisa ditanam dengan jarak rapat dan cocok ditanam di musim penghujan.
  5. Bisi 99. Bibit Bisi 99 memiliki performa yang lebih bagus terutama dalam ketahanan terhadap serangan penyakit terutama yang dipicu oleh jamur mulai bulai, busuk batang dan hawar daun. Biji Bisi 99 berwarna merah cerah yang menandakan bahwa Bisi 99 berkadar air rendah. Bisi 99 sangat cocok ditanam di musim hujan.
  6. ADV Joss. Secara spesifik benih jagung ADV Joss ini mempunyai sifat utama dengan potensi hasil yang tinggi, rendemen tinggi dan benih jagung AD Joss bisa ditanam di semua musim. Sangat tahan sekali terhadap berbagai penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan jamur seperti bulai dan mati gadis.
  7. Bisi 2. Bisi 2 mempunyai kemampuan untuk beradaptasi sangat baik di berbagai lahan sehingga cocok ditanam di daerah manapun di seluruh Indonesia. Kadar air sangat rendah sehingga dapat disimpan dalam waktu yang lebih lama.
  8. Bisi 959. keunggulan bisi 959 sangat tahan terhadap penyakit bulai, busuk batang dan mati gadis. Rendemen Bisi 959 sangat tinggi yaitu sebesar 80% ditunjang dengan kecilnya Jonggol menjadikan benih 959 Primadona di kalangan petani jagung.
Itulah 8 bibit jagung terbaik yang cocok untuk ditanam di musim hujan versi.
Jika sekiranya teman teman mempunyai rekomendasi benih jagung yang cocok untuk ditanam di musim hujan Silahkan tulis di kolom komentar. Sampai di sini dulu.

Varietas Jagung Tahan Busuk Batang

Varietas jagung tahan busuk batang. Sebenarnya tanaman jagung bisa saja tumbuh di berbagai jenis tanah baik itu andosol, latosol, grumusol bahkan pada jenis tanah kering sekalipun tapi bagaimana jika curah hujan sangat tinggi seperti di bulan-bulan ini atau bagaimana kalau proses penanamannya dimulai saat musim hujan.

Tentu proses perawatannya akan sedikit berbeda dengan cara menanam jagung di musim kemarau.

Tapi sebenarnya gak ada masalah yang perlu dikhawatirkan karena dengan perlakuan dan cara merawat tanaman jagung di musim hujan yang tepat.

Para petani pun bisa menghasilkan panen yang berlimpah.

Gimana cara tanamnya, yuk kita cari?

  1. Pilih benih jagung yang tahan bulai saat curah hujan tinggi kelembaban air juga akan meningkat. Hal ini akan menyebabkan suburnya jamur patogen atau cendawan pada jagung seperti karat daun dan tentunya penyakit bulai pada jagung. Jadi cara memilih benih sangat penting karena langkah ini dapat mencegah beberapa penyakit sejak awal tanam. Kita bisa mencoba beberapa jenis jagung hibrida, seperti yang sudah dijelaskan di atas.
  2. Drainase harus baik untuk mengantisipasi menghilangnya air. Kita harus membuat saluran pembuangan air semaksimal mungkin. Lebih bagus lagi jika dibuat bedengan.
  3. Mengatur jarak tanam. Menanam terlalu rapat bisa menyebabkan sinar matahari terhalang sehingga kelembaban akan makin tinggi pada akhirnya akan memberi kesempatan cendawan untuk tumbuh subur. Salah satu jarak tanam yang dianjurkan adalah 70 kali 20 cm per lubang. Satu lubang cukup satu benih.
  4. Lakukan pemeriksaan rutin dan berkala. Tanaman harus sering-sering diperiksa agar kita bisa tahu kondisi terkini dari tanaman jagung kita. Terlebih setelah hujan deras kita harus memeriksa apa air bisa tuntas atau ada yang menggenang. Jika menggenang airnya harus segera dibuang. Selain itu kita hujannya terlalu deras kadang bisa merobohkan pohon jagung. Jagung yang roboh harus segera ditegakkan lagi dengan hati-hati.
  5. Penggunaan obat secara efektif. Di saat musim hujan seperti ini, penggunaan obat pertanian sering Tidak.Efektif karena air hujan bisa menyapu bersih pupuk maupun pestisida yang kita gunakan. Jadi penggunaan cairan merata dan perekat dicampur dengan obat pertanian saat musim hujan sangat diperlukan. Selain itu kita harus mengamati cuaca. Misalkan jika tanah sedang basah maka lebih baik menggunakan pemupukan secara tabur daripada dikocor.
  6. Mengurangi pupuk kandungan N tinggi. Kebutuhan makhluk tanaman bukan hanya unsur nitrogen saja tapi fosfor dan kalium juga. Penggunaan pupuk urea secara berlebihan bukan hanya menyebabkan tanaman cepat meninggi tapi lebih mudah terserang penyakit dan lebih mudah roboh terlebih lagi saat musim hujan. 
  7. Penggunaan bahan organik. Tips ketujuh ini sebenarnya tidak memandang musim baik musim penghujan atau musim kemarau. 

Penggunaan bahan alami atau organik sangat dibutuhkan terlebih jagung adalah produk yang dikonsumsi manusia. Penggunaan zat kimia hanya meninggalkan sedikit residu saja pada jagung yang kita konsumsi namun lama-kelamaan zat-zat kimia tersebut bisa menumpuk di tubuh kita.

Penggunaan bahan organik sebagai pupuk dan juga pestisida alami bisa jadi alternatif yang bagus.

Demikianlah cerita tentang varietas jagung tahan air sekaligus varietas jagung tahan busuk batang. 


Posting Komentar untuk "Varietas Jagung Tahan Air"

Iklan di sini (iklan 1)
Iklan di sini (iklan2)
Iklan di sini (iklan 3)
Iklan di sini (iklan 4)
Iklan di sini (iklan 5)