Varietas Jagung Hibrida Terbaru

Varietas Jagung Hibrida Terbaru

Varietas Jagung Hibrida Terbaru - Ada ratusan varietas benih jagung hibrida yang beredar di pasaran saat ini yang diproduksi oleh belasan perusahaan besar di Indonesia. 

Kita sebagai petani jagung pemula kadang kala bimbang untuk memilih varietas mana yang paling cocok ditanam dengan produksi terbaik sehingga tidak ada penyesalan setiap panen.

Jagung Hibrida Terbaik

Jagung hibrida terbaik

Jagung hibrida terbaik. Kali ini saya coba ulas sekilas deskripsi lima varietas terbaik jagung hibrida yang diproduksi oleh PT BISI International dengan merek dagang cap kapal terbang. 

Apa saja kelebihan dari lima varietas jagung hibrida ini sehingga menjadi rekomendasi dari petani jagung senior di Indonesia.

Jagung Hibrida Varietas Bisi 18

Jagung Hibrida Varietas Bisi 18

Jagung Hibrida Varietas bisi 18 dilepas oleh pemerintah pada tahun 2004.

Tongkolnya sangat seragam dan besar dengan letak tongkol yang relatif sama antara masing-masing tanaman.

Tongkol normal dalam satu hamparan juga tinggi, yakni lebih dari 90%. Selain itu tingkat penutupan pucuk tongkolnya bisa mencapai 90%.

Hal itu menjadi penanda bahwa hampir semua tongkol jagung bisi 18 memiliki biji yang muput atau penuh hingga ujung tongkol dan rendemen varietas bisi 18 yaitu 82,507 persen. Berat perseribu bijinya mencapai 303 G dalam satu tongkol.

Rata-rata berat bijinya yaitu 223 gram dan ukuran Jonggol nya relatif lebih kecil.

Potensi produksi rata-rata 12 ton per hektar pipil kering.

Bisi 18 memiliki figur tanaman yang baik.  Batangnya yang tegak dan kokoh dengan sistem perakaran yang kuat.

Umur panen lebih kurang 100 hari setelah tanam dan untuk dataran rendah dan 125 hari setelah tanam untuk dataran tinggi.

Jagung ini juga lebih tahan dari ancaman penyakit karat daun dan hawar daun yang dipicu oleh jamur helminthosporium Maya. Dan cocok ditanam pada semua musim baik musim panas maupun musim hujan.

Harga eceran bisi-18 antara delapan puluh lima ribu sampai 90 ribu per kg. 

Jagung Hibrida Varietas Bisi Dua

Jagung Hibrida Varietas Bisi Dua

Jagung Hibrida varietas bisi dua dilepas oleh pemerintah pada tahun 1995.

Memiliki kemampuan adaptasi yang sangat baik di berbagai macam lahan sehingga cocok ditanam di daerah manapun di Indonesia.

Berpotensi menghasilkan dua tongkol yang sama besar pada setiap tanaman.

Kadar air panen sangat rendah dan tahan disimpan dalam jangka waktu yang lama. Rendemen sangat tinggi karena mempunyai ukuran Jonggol yang kecil dan ukuran tongkol besar serta silindris.

Varietas ini Toleran dari serangan bulai, karat dan bercak daun.

Bobot per 1000 bijinya lebih kurang 265 gram dengan jumlah baris bertongkol yaitu 12-14 baris.

Potensi menghasilkan varietas ini mencapai lebih kurang 13 ton perhektar pipil kering dan dapat dipanen pada umur 105 hari setelah tanam harga jual biji dua yaitu Rp.65.000 sampai Rp.70.000 per kg.

Jagung Hibrida Varietas Bisi 99

Jagung Hibrida Varietas Bisi 99

Jagung Hibrida Varietas Bisi 99 berpotensi menghasilkan mencapai 13,7 ton perhektar pipil kering.

Tahan terhadap penyakit bulai, busuk tongkol dan karat daun.

Keseragam tanaman sangat baik, tipe biji semi mutiara dengan bobot per 1000 biji cukup tinggi lebih kurang 365 G beradaptasi dengan baik pada dataran rendah hingga dataran tinggi yaitu sampai 900 meter diatas permukaan laut.

Bisi 99 dapat dipanen pada umur 105 hari setelah tanam.

Dapat disimpan walaupun masih dalam bentuk gelondong.

Keunggulan lainnya yaitu nilai susut hanya dua belas persen, sedangkan varietas lain bisa mencapai 30%.

Harga jual varietas bisi 99 yaitu antara delapan puluh ribu sampai 85.000 perkilogram. 

Jagung Hibrida Varietas Bisi 321

Jagung Hibrida Varietas Bisi 321

Jagung Hibrida Varietas Bisi 321 atau sering disebut juga simetal bisi 321 berpotensi menghasilkan mencapai 14,7 lima ton perhektar pada kadar air 15% tahan terhadap penyakit bulai. 

Secara genetik batang kuat dan tahan roboh. Tongkol besar dan seragam. Varietas simetal bisi 321 sangat tahan terhadap kekeringan, dengan klobot menutup rapat atau muput hingga ke ujung buah.

Rendemen juga sangat tinggi mencapai hingga 83,5 persen.

Kebutuhan benih antara 15-20 kg per hektar dengan harga jual Rp.95.000 hingga Rp.100.000 per kg.

Jagung Hibrida Varietas Bisi 222

Jagung Hibrida Varietas Bisi 222

Jagung Hibrida Varietas Bisi 222 ini merupakan jagung hibrida silang tunggal.

Varietas jagung ini sangat tahan terhadap penyakit bulai dan penyakit busuk tongkol.

Pertumbuhan awal sangat baik dan cocok ditanam di dataran tinggi.

Jumlah baris dalam tongkol lebih kurang 14-16 baris dengan warna biji orange kemerahan.

Kelebihan varietas bisi 222 ini selain dipanen tua juga sangat cocok jika dipanen muda untuk jagung rebus dan jagung bakar.

Varietas bisi 222 bisa dipanen pada umur 100 hari setelah tanam dengan potensi hasil mencapai 13,65 ton perhektar pipil kering.

Harga jual bisi 222 ini adalah Rp55.000 sampai 65 Ribu per kg.

Umur Panen Jagung Hibrida

Umur Panen Jagung Hibrida

Umur Panen Jagung Hibrida. Pada kesempatan ini, Saya akan membahas tentang umur jagung hibrida yang siap panen.

Kenapa sangat perlu atau sangat penting jagung yang siap panen kita harus tahu ciri-cirinya tersebut.

Kita harus tahu ciri-ciri jagung yang siap panen tersebut, yaitu :

  1. Yang pertama yaitu kita harus mengetahui usia jagung itu sendiri. Karena setiap varietas jagung usianya atau karakternya berbeda-beda. Usahakan yang pertama kita harus mengetahui dan mengenali usia jagung itu sendiri .
  2. Yang kedua jagung yang siap panen biasanya secara fisik akan nampak dari kelompoknya yang awalnya hijau akan berubah warna menjadi coklat kehitaman.
  3. Yang ketiga yaitu kita bisa ambil bijinya atau bisa kita langsung lihat bijinya. Kalau bijinya sudah keras, ditekan pakai kuku tidak Membekas, artinya jagung tersebut sudah siap dipanen.
  4. Ciri yang terakhir yaitu, kita lihat di ujung biji. Biasanya ada terdapat titik hitam atau Black layer yang menandakan jagung tersebut sudah masak secara fisiologis atau matang yang siap untuk dipanen.

Oleh karena itu, petani penting sekali untuk mengetahui ciri-ciri jagung yang siap panen agar jagung kita pada saat panen tidak menurun rendemennya karena jagung kalau belum sampai usianya pas kita panen maka rendemennya akan turun 10-15 persen.

Jarak Tanam Jagung Hibrida 

Jarak Tanam Jagung Hibrida

Jarak Tanam Jagung Hibrida. Berapa idealnya jarak tanam jagung, antara jagung satu dengan yang lain.

Saya ambil rata-rata kalau di daerah saya, yaitu tanamnya jaraknya antara satu dengan yang lain berjarak 30 cm.

Untuk penanaman atau jalur tanam yaitu dari selatan ke utara dengan tujuan supaya jika terik matahari itu terbit dari timur maka bisa maksimal mungkin mendapat sinar matahari.

Supaya nanti ketika matahari itu terbit dari sana sinarnya itu bisa mengenai semua tanaman jagung sehingga bisa maksimal menyerap matahari.

Tanam Satu lubang jagung dengan dua biji benih. Kenapa kok nggak 3.

Pertumbuhannya maksimal dengan dua benih. Asumsinya sebagai berikut kalau nanti tiga hari atau empat hari setelah tanam ada yang salah satunya mati bisa kita sulam dengan menambah satu lagi.

Kalau kita kasih 3 sedangkan nanti misalkan empat hari setelahnya itu kita lihat tumbuh semua ya kita harus mengurangi satu.

Daripada kita mengurangi satu dan membuang waktu sia-sia mending kita kasih dua nanti kalau salah satunya mati, kita sulam dengan benih yang baru.

Jagung Hibrida Bisi 18

Jagung Hibrida Bisi 18

Jagung hibrida bisi 18, pertumbuhan awal sangat baik, cocok untuk dataran rendah dan tinggi, tahan penyakit bulai, batang tegak besar dan kuat tidak mudah roboh, tongkol besar panjang dan sangat seragam biji sampai ujung dengan warna orange kekuningan cerah.

Potensi hasil tinggi, mencapai Kurang lebih 12 ton perhektar pipil kering dan umur panen kurang lebih seratus hari setelah tanam.

Beberapa waktu yang lalu telah dilakukan pers rilis mengenai pemalsuan benih berskala besar.

Ciri-ciri kemasan yang asli dan yang palsu adalah sebagai berikut:

Untuk yang asli tidak ada pita putih dalam batang jagung yang terdapat didalam gambar, sedangkan yang palsu terdapat pita putih pada batang jagung di dalam gambar kemasan.

Yang kedua pada kemasan yang asli pada gambar box paket anti gulma terdapat tulisan pemegang pendaftarannya adalah PT. Sarana Indotani sedangkan pada kemasan yang palsu terdapat tulisan distributor tunggal adalah PT Tanindo Intertraco dan pemegang pendaftaran adalah PT Multi sarana indotani.

Ciri yang ketiga terletak pada hologram. Pada kemasan yang asli sudut masing-masing pojok berbentuk siku sedangkan pada kemasan yang palsu sudut masing-masing pojok berbentuk tumpul. Itulah tadi ciri-ciri yang terdapat pada kemasan jagung hibrida bisi-18 kemasan satu kg.

Perbedaan yang lain adalah untuk yang asli dikemas dalam box karton Sedangkan untuk yang palsu dikemas dalam sak karung.

Varietas Jagung Hibrida

Varietas Jagung Hibrida

Varietas Jagung Hibrida. Inilah lima benih jagung hibrida terbaik rekomendasi untuk para petani jagung.

  1. Yang pertama adalah bisi 18. Jagung bisi 18 mempunyai ketahanan terhadap penyakit karat daun dan hawar daun. Keunggulan lain dari jagung bisi 18 adalah biji jagungnya terisi penuh sampai ujung atau maupun bentuk biji termasuk dalam tipe biji semi mutiara dengan warna biji orange kekuningan mengkilap. Jumlah barisan biji dalam satu tongkol antara 14-16 baris, termasuk tipe tongkol yang besar. Jagung bisi 18 bisa dipanen sekitar 105 hari pada dataran rendah sedangkan pada dataran tinggi saat umur sekitar 125 hari.
  2. Kedua adalah NK Perkasa 6172. Jagung NK Perkasa ini merupakan produk dari Singenta. Memiliki tongkol yang besar, warna jagung orange cerah. Jenis jagung ini sangat disukai pedagang jagung pipil dan pakan ternak. Benih NK Perkasa ini juga tahan terhadap musim kemarau.
  3. Yang ketiga ada Pioneer p27 gajah. Jagung p27 gajah memiliki ukuran yang jumbo. Menurut saya dari semua produk Pioneer p27 gajah yang paling unggul. Selain tongkol yang besar p27 gajah ini juga toleran terhadap bulai. Batang cukup besar dan kokoh.
  4. Selanjutnya yang keempat ada NK Sumo 7328 dari sigenta. Saudara dari NK Perkasa ini memiliki ukuran buah yang lebih besar. Akar dan batang kuat tidak mudah roboh. Biji jagung lebih rapat dan untuk potensi hasil bisa sampai 12 ton per hektar.
  5. Selanjutnya yang kelima ada bisi-2 super. Benih ini mempunyai kemampuan adaptasi yang sangat baik di berbagai jenis Lahan. Berpotensi menghasilkan dua tongkol yang sama besar di setiap pohonnya. Rendemennya juga sangat bagus karena ukuran Junggol yang kecil. Kadar air saat panen juga rendah dan tahan disimpan dalam jangka waktu yang lama. Untuk usia panen cukup cepat kisaran 105 hari setelah tanam.

Jagung Hibrida 

Jagung Hibrida

Jagung hibrida saat ini adalah varitas yang utama di dunia dan digunakan dalam pertanaman dan budidaya tanaman jagung.

Varietas Jagung Hibrida Terbaru ada 4, yaitu :

  1. yang pertama adalah varietas lokal atau tradisional.
  2. yang kedua adalah varitas konvensional atau varietas majemuk terbuka (Open pollinated variety).
  3. lalu varietas hibrida, yaitu adalah hasil persilangan dua indukan yang unggul untuk mendapatkan efek heterosis.
  4. Selanjutnya Genetik Modifier Organisme atau GME di mana indukan diberi tambahan keunggulan di dalam DNA-nya disebut juga dengan rekayasa genetika.

Dalam pembuatan varietas para ahli botani mengidentifikasi tanaman jagung ke dalam tiga jenis yang berdasarkan cara pembentukannya, yaitu komposit. Varietas jagung yang berasal dari campuran lebih dari dua varietas yang telah mengalami minimal lima kali kawin bebas (free sex) kemudian pada generasi terakhir diadakan seleksi massa.

Lalu sintetik yaitu berasal dari campuran beberapa galur murni yang telah mengalami minimal satu kali penyerbukan sendiri.

Terakhir adalah hibrida, yaitu varietas jagung yang pembentukannya dengan cara hibridisasi dua varietas atau lebih.

Jejak Rekam Tanaman Hibrida

Jejak Rekam Tanaman Hibrida

Pada tahun 1763, Joseph Godlier Koel Reuter telah menemukan tembakau hibrida.

Selanjutnya pada tahun 1880, William James Beal melaporkan adanya varietas jagung hibrida yang lebih produktif bila dibandingkan dengan induknya.

Pada tahun 1940, George Harrison Shull mengadakan penyerbukan silang dan penyerbukan sendiri pada tanaman jagung dan ini merupakan awal studi tentang silang dalam otonomi breeding untuk mendapatkan varietas jagung yang homozigot dan hasilnya adalah mendapatkan jagung hibrida.

Inilah dasar di mana pengembangan jagung hibrida. Pada tahun 1921, George William Jones berhasil membuat hibrida secara komersial dan menguntungkan sehingga pada tahun 1924 mulai ditanam oleh penangkar benih di Amerika. 

Karena sangat menguntungkan maka pada tahun 1945, area pertanaman jagung hibrida di Amerika mencapai 90% saat itu.

Apakah jagung hibrida itu?

Apakah jagung hibrida itu


Jagung hibrida itu adalah hasil persilangan dua induk yang berbeda lalu memiliki penampilan yang seragam, responsif terhadap pemupukan, toleran terhadap hama dan penyakit dan produktivitas lebih tinggi dari indukan.

Di mana hasil panennya tidak bisa dijadikan kembali sebagai sumber benih.

Serta keunggulan keunggulan lainnya yang bisa disiapkan di dalam penyeleksian jagung hibrida, misalnya umurnya yang lebih pendek, segmentasi area dan lain-lain sebagainya.

Cara Pembuatan Jagung Hibrida

Cara Pembuatan Jagung Hibrida


Cara Pembuatan Jagung Hibrida adalah:

  1. yang pertama, kita harus memiliki Galur inbreed atau tetua sebagai induk silang tunggal atau single cross.
  2. Modifikasi Silang Tunggal atau Modified Single Cross.
  3. Silang Ganda atau Double Cross.
  4. Silang Tiga atau Three Way Cross.

Langkah-langkah untuk membuat jagung hibrida

Langkah-langkah untuk membuat jagung hibrida


Langkah-langkah untuk membuat jagung hibrida, adalah:

  1. Yang pertama mengkoleksi plasma nutfah atau bisa bekerjasama dengan badan badan pengelola plasma untuk mendapatkan berbagai galur-galur yang secara genetik mempunyai potensi untuk dikembangkan.
  2. Yang kedua membuat Galur silang Dalam, dengan mengadakan penyerbukan sendiri secara terus-menerus sehingga menjadi galur murni yakni sampai terjadinya homozigot.
  3. Yang ketiga menentukan Galur, yang bila disilangkan dapat menimbulkan keunggulan pada keturunannya. Hal ini dapat dilakukan dengan cara kemampuan daya gabung khusus atau Spesifik Combining Ability yang tinggi.

Penyiapan inbreed atau tetua hibrida diawali dengan Selfing Inbreed dari G1 sampai dengan G6.

Demikianlah informasi mengenai Varietas Jagung Hibrida Terbaru, Jagung Hibrida Terbaik, Jagung Hibrida Varietas Bisi 18, Jagung Hibrida Varietas Bisi Dua, Jagung Hibrida Varietas Bisi 99, Jagung Hibrida Varietas Bisi 321, Jagung Hibrida Varietas Bisi 222, Umur Panen Jagung Hibrida, Jarak Tanam Jagung Hibrida, Jagung Hibrida Bisi 18, Varietas Jagung Hibrida, Jagung Hibrida, Jejak Rekam Tanaman Hibrida, Apakah jagung hibrida itu? Cara Pembuatan Jagung Hibrida, Langkah-langkah untuk membuat jagung hibrida. Terima kasih banyak. Semoga bermanfaat.





Posting Komentar untuk "Varietas Jagung Hibrida Terbaru"

Iklan di sini (iklan 1)
Iklan di sini (iklan2)
Iklan di sini (iklan 3)
Iklan di sini (iklan 4)
Iklan di sini (iklan 5)