NK Sumo Palsu | Memilih benih jagung

NK Sumo Palsu

NK Sumo Palsu. Cara paling gampang mengecek keaslian benih varietas NK adalah dengan cara menscan barcode-nya.

Pada bagian bawah kemasan semua benih NK pasti ada tertera barcode. Barcode ini bisa digunakan untuk mengecek keaslian dari benih NK.

Ini merupakan salah satu cara yang menurut saya paling mudah untuk melihat keaslian suatu benih, selain tentunya ada juga tanda-tanda fisik benih palsu yang lain.

Tapi yang paling mudah Bagaimana cara menentukan keaslian benih ini adalah dengan cara scan barcode.

Cara Scan Barcode Bibit Jagung

Cara Scan Barcode Bibit Jagung yang pertama pastikan Anda sudah mendownload aplikasi peTani Apps yang bisa didownload dari playstore secara gratis.

Setelah mendownload dan melakukan registrasi, Anda bisa langsung menggunakannya.

Yang pertama Silahkan buka aplikasinya. Setelah aplikasinya terbuka di bagian bawahnya tertera beberapa menu, antara lain: beranda, artikel, scan, terdekat dan profil. 

Silahkan buka menu scan, maka nanti akan langsung tertuju ke kamera.

Setelah itu scan barcoce pada kemasan. Setelah berhasil di sini ada dua pilihan, yaitu App Singenta dan SimPerbenihanSilakan pilih menu App Syngenta.

Selankutnya di sini akan muncul semua data tentang benih yang Anda scan tadi, mulai dari nama produsen, alamat produsen, jenis tanaman, kelas benih, varietas terus nomor seri label, No. Batch, tanggal selesai pengujian, tanggal lahir, masa edar, nomor induk sertifikasi.

Termasuk kadar air, benih murni, kotoran benih dan lain sebagainya. Ini adalah data-data tentang benih yang sudah Anda beli.

Apabila munculnya seperti ini bisa dipastikan bahwa benih yang Anda beli ini adalah benih yang asli. 

Anda tinggal mencocokkan datanya saja, jika ada perbedaan dengan yang di aplikasi berarti benih yang anda beli dipastikan palsu.

Jadi jangan khawatir benih jagung yang dibeli palsu. Syarat untuk mengecek barcode ini, selain harus diinstall aplikasinya dan tentu saja harus mempunyai kuota internet yang cukup.

Selain itu untuk menghindari agar petani tidak membeli benih palsu diharapkan agar membeli benih pada toko atau kios yang resmi ditunjuk oleh perusahaan. 

Jika membeli benih di tempat sembarangan atau di kios lain yang tidak resmi, maka resikonya anda tanggung sendiri.

Jika anda mememukan adanya penjual yang menjual benih NK Sumo palsu maupun benih palsu lainnya, sebaiknya anda beritahu ke teman teman anda agar mereka tidak ikut membeli benih palsu di toko tersebut. 

Selanjutnya bersama sama bisa melaporkan kepada pihak berwajib agar selanjutnya tidak merugikan semua pihak.

Bagaimana cara memilih benih jagung yang bermutu dan berkualitas dan unggul Secara Fisik?

Pemilihan benih yang unggul, bermutu dan berkualitas memegang peranan penting dalam keberhasilan budidaya tanaman jagung.

Untuk itu saya akan memberikan tips untuk mendapatkan benih jagung yang terbaik.

Maksudnya adalah benih yang bermutu berkualitas dan unggul sehingga memberikan produksi yang tinggi dengan kualitas yang tinggi pula.

Tips memilih benih jagung yang baik, adalah:

  1. Pilihlah benih yang bersertifikat resmi yang ditandai dengan adanya label berwarna biru dengan tulisan sebagai benih bersertifikat Bina atau benih sebar yang dikeluarkan oleh Lembaga resmi yaitu seperti BPSB atau lembaga sejenis di masing-masing wilayah.
  2. Tips yang kedua adalah benih harus bersih dari campuran gulma. Jadi benih itu bersih sesuai dengan standar mutu fisik, mutu genetik dan mutu fisiologis.
  3. Lalu yang ketiga adalah benih tampak kering dan mengkilat dengan kadar air yang rendah yaitu sekitar 10 persen dan mengkilat.
  4. Selanjutnya adalah benih yang kita pilih itu benih yang berukuran normal dan tidak cacat. Ukurannya tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil dan seragam dan tidak cacat, maksudnya tidak pecah, tidak hancur. Di mana benih tersebut dalam kondisi yang utuh.
  5. Selanjutnya yang kelima adalah benih tersebut harus berisi dan padat atau Bernas tidak kopong atau hampa. Jelas bisa kelihatan dari mata telanjang, selanjutnya.
  6. Benih yang kita pilih tersebut bentuknya seragam, misalnya kalau dia bulat hampir semuanya harus berbentuk bulat pula, selanjutnya.
  7. Benih tersebut dipastikan tidak kadaluarsa. Biasanya ada tertulis waktu kadaluarsanya. Yang paling penting adalah kadaluarsa benih ini sangat berpengaruh terhadap daya kecambah benih.
  8. Lalu benih yang kita pilih tersebut mempunyai daya tumbuh yang tinggi dengan kisaran di atas 90% kalau memungkinkan, tetapi di Indonesia diizinkan di atas 80%.
  9. Memiliki figur yang bagus sehingga hasilnya akan maksimal selanjutnya dan diharapkan daya pertumbuhannya kuat dan seragam lalu.
  10. Benih yang toleran terhadap serangan hama dan penyakit khususnya untuk di daerah endemik penyakit bulai juga ditambahkan dengan tambahan treatment penyakit bulai sebelum ditanam.
  11. Lalu benih yang kita pilih itu harus mempunyai performance produktivitas yang tinggi dengan pertumbuhan tanaman yang baik hasilnya atau bijinya termasuk yang disukai pasar, baik warnanya, bobotnya maupun bentuknya, serta tahan penyimpanan.
  12. Yang terakhir adalah tampilan fisiknya itu baik dan tidak terdapat cacat.

Itu adalah tips yang bisa kami sampaikan untuk pemilihan benih jagung yang unggul, bermutu dan berkualitas agar bisa memberikan hasil yang maksimal, produktivitas tinggi dengan kualitas yang baik dan nilai penjualan yang tinggi sehingga memberikan pendapatan yang baik.

Demikianlah tips dan trik yang kami berikan. Semoga petani Indonesia makin maju dan makmur.

Tips ini bukan saja untuk benih jagung NK Sumo palsu, tetapi bisa juga untuk benih lainnya.



Posting Komentar untuk "NK Sumo Palsu | Memilih benih jagung"

Iklan di sini (iklan 1)
Iklan di sini (iklan2)
Iklan di sini (iklan 3)
Iklan di sini (iklan 4)
Iklan di sini (iklan 5)