Gibgro untuk Jagung : Keunggulan, Cara Aplikasi

Gibgro Untuk Jagung adalah zat pengatur tumbuh (ZPT) yang mengandung bahan aktif Asam Giberelat (GA3) 10% dengan nama kimia : 

(3S,3aR,4S,4aS,7S,9aR,9bR,12S)-7,12-dihydroxy-3-methyl-6-methylene-2oxoperhydro-4a,7-methano-9b,3-propeno[1,2-b]furan-4-carboxylic acid 

Gibgro untuk Jagung
Sedangkan nama dagang yang ada di pasaran sebut aja GIBGRO.

ZPT mirip tepung yang tidak mudah terbakar dan dapat larut dalam air yang berguna untuk memacu pertumbuhan khususnya bobot tongkol tanaman jagung.

Keunggulan ZPT GIBGRO

Meningkatkan pertumbuhan tanaman, seperti menambah ukuran daun, batang dan percabangan, mempercepat pembuahan dan meningkatkan ukuran buah. 

gibgro panen untuk jagung, Mempercepat tumbuhnya tunas pada benih, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil panen jagung.

Keunggulan ZPT GIBGRO
Untuk pengaplikasian pada tanaman jagung digunakan dosis 20 - 40 gr per hektar pada umur 20 dan 60 hst dengan cara disemprotkan merata ke seluruh tanaman. 

Bermacam macam varian Gibgro, yaitu :

  1. Gibgro 10SP, dengan kandungan asam Asam Giberelat (GA3) 10% yang sangat cocok untuk tanaman jagung.
  2. Gibgro Panen, cocok untuk tanaman padi, dengan formulasi lebih pekat, yaitu 20%.
  3. Gibgro 20T (Giberelic Acid 20%), lebih cocok untuk tanaman umbi umbian, dengan konsentrasi 20%. Zat Pengatur Tumbuh (ZPT) ini berbentuk tablet yang berguna untuk mempercepat pertumbuhan besar tanaman, dan juga dapat memperkecil biji buah. 1 tablet lebih kurang beratnya 5 gram dilarutkan dengan 60 liter air. Gibgro ini bisa diaplikasikan untuk tanaman yang sudah berusia 25-30 hst serta bisa untuk tanaman yang sudah berusia 110 hst atau lebih.
Benih sebaiknya direndam dulu dengan larutan Gibro sebelum di semai agar proses perkecambahan benih lebih cepat dan juga mendapatkan kecambah yang lebih sehat

Cara Aplikasi Gibgro untuk Jagung

Cara Aplikasi dan Waktu Aplikasi GibGro untuk Jagung, Gibgro ada kalanya dipakai bersamaan dengan fungisida.

Untuk dosis pemakaian pada tanaman jagung adalah sebanyak 20 - 40 gr/ha, diaplikasikan pada saat umur 20 hst & 60 hst.

Cara Aplikasi Gibgro untuk Jagung
Cara aplikasi Gibgro adalah dengan mencampurkan 1 sachet (1gram) bubuk GIBGRO 10SP untuk 1 tangki (14 l) liter air.

Kemudian kocok sampai merata lalu semprotkan secara rutin tiap 15-20 hari sekali, dimulai saat mulai berbunga sampai mendekati masa panen.

Jika diaplikasikan secara teratur maka zpt ini dapat meningkatkan produksi tanaman jagung dengan cara menambah tinggi tanaman, jumlah daun, panjang tongkol, bobot tongkol (g), bobot tongkol + klobot (g).

Hati - hati jangan sampai kontak langsung dengan bahan.  Jangan sampai dihisap debu atau uapnya. 

Tutup rapat kembali kemasan jika sudah dipakai, simpan di dalam ruangan berventilasi baik serta jahui dari panas dan kelembapan.

Jika bahan tertumpah Jangan sentuh tumpahan bahan, jangan sampai kena kulit. 

Jangan dihirup debu yang beterbangan. Serap tumpahan dengan menggunakan bahan penyerap seperti vermiculite, pasir, kumpulkan dalam tempat tertutup untuk dimusnahkan.  

Cuci lantai sampai bersih dengan menggunakan air dan detergen.  

Pakai alat pelindung diri selama aplikasi, seperti Masker untuk menjaga paru paru, pakai pelindung mata        dan muka untuk melindungi wajah terutama mata.

Jangan lupa Pakai Sarung tangan (CPE, neoprene, PE) dan pakaian kerja untuk menghindari kontak langsung bahan dengan kulit.

Demikianlah informasi singkat mengenai Gibgro Untuk Jagung, Keunggulan ZPT GIBGRO, dan cara aplikasi gibgro untuk jagung.

Baca juga : Pilih Bibit Jagung Terbaik untuk Musim Hujan: Panduan Lengkap



Posting Komentar untuk "Gibgro untuk Jagung : Keunggulan, Cara Aplikasi"

Iklan di sini (iklan 1)
Iklan di sini (iklan2)
Iklan di sini (iklan 3)
Iklan di sini (iklan 4)
Iklan di sini (iklan 5)