Cara Membuat ZPT Pembesar Buah

Cara membuat zpt pembesar buah. Kita perlu memberikan ZPT dan pupuk selain pemberian pestisida agar tanaman yang sudah rusak dan sakit itu bisa tumbuh sehat kembali.

Cara Membuat ZPT Pembesar Buah

Zat Perangsang Tumbuh atau Zat Pengatur Tumbuh ini juga sangat perlu kita berikan bukan hanya kepada tanaman-tanaman yang sakit tapi kita bisa memberikan secara rutin pada tanaman buah, tanaman bunga, tanaman sayur-sayuran yang kita tanam di sekitar kita sekitar 1 minggu atau 15 hari sekali agar tanaman tanaman yang kita tanam itu menjadi lebih sehat dan menjadi bagus lagi pertumbuhannya.

Ada tiga Zat pengatur tumbuh (ZPT) yang sangat diperlukan oleh tanaman agar bisa tumbuh bagus, yaitu :

  1. Auxin 
  2. Sitokinin dan
  3. Giberelin

Bagaimana Cara Membuat Pembesar Buah Alami ? 

Pada kesempatan kali ini kita akan membuat sebuah ramuan zat pengatur tumbuh yang mengandung ketiga zat penting tersebut agar tanaman tanaman yang kita tanam di sekitar rumah kita itu menjadi lebih sehat, menjadi lebih subur.

Dan kita bisa menerapkan pertanian organik menjadi lebih mudah dan murah. 

Untuk kita bisa membuat ramuan zat pengatur tumbuh yang mengandung cytokinin giberelin dan Auksin kita bisa membuatnya dengan bahan-bahan yang tersedia di sekitar rumah kita.

Langkah - langkah cara membuat zat perangsang tumbuh dengan bahan alami adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan gedebog pisang seberat 200 gram yang kita larutkan ke dalam 2 liter air. Jadi kalau ingin membuat lebih banyak tinggal di kalikan saja gedebog pisang ini atau bonggol pisang ini. Gedebog pisang ini banyak mengandung zat cytokinin.
  2. Bahan selanjutnya adalah 200 gram tauge, karena tauge mengandung kadar hormon auksin yang sangat tinggi.
  3. Kemudian 100 gram rebung,
  4. selanjutnya 200 gram pucuk-pucuk daun yang hijau yang ada di sekitar kita.
  5. Sebagai alat dekomposternya adalah mol atau mikroorganisme lokal. Kalau kamu mau yang lebih praktis dan bagus kita bisa beli EM4 yang botol kuning atau kalau kita nggak punya kita bisa pakai mol buatan sendiri dengan menggunakan Yakult sebagai bakteri dekomposter. Untuk tumbuh, bakteri ini tumbuh dengan baik dengan bantuan glukosa yang berasal dari molase ataupun air gula putih ataupun gula merah.
  6. Kemudian bahan pelarut utama adalah air kelapa sekitar 2 liter yang juga mengandung zat perangsang tumbuh yang tinggi.
  7. Semua bahan-bahan padat tadi kita blender dulu, walaupun sebenarnya tidak pun diblender tidak apa-apa. Akan semakin kecil dicacah maka akan semakin bagus pula proses menjadi zat pengatur tumbuh.
  8. Kemudian larutan ini kita campurkan dengan air kelapa yang sudah kita siapkan 2 liter.
  9. Berikutnya langkah selanjutnya adalah menambahkan dekomposter yaitu em4 dengan molase.

Untuk menggunakan dekomposter EM4, kita harus mengaktifkannya terlebih dahulu dengan cara melarutkannya ke dalam larutan molase. Jika tidak ada molase bisa kita gantikan dengan gula merah atau gula putih.

Untuk membuat cairan dekomposter sebanyak 2 liter gunakan 5 tutup botol EM4 larutkan langsung ke molasenya kalau kita misalnya nggak ada molase, molase kita bisa ganti dengan tadi air gula merah ya ataupun air gula putih.

Kalau misalnya pakai gula merah gula merahnya dosisnya sekitar 1 ons ya atau 100 gram. 

Oh, ya sahabat rajatani, kita jangan terlalu terpaku dengan ukuran yang harus 100% tepat ya karena pada bahan organik ini kita nggak usah terlalu takut overdosis.

Kita misalkan tadi saya pakai 5 tutup botol bisa saja kita pakai 3 atau dilebihkan sedikit kemudian Molasenya ini sekitar 100 mili bisa kita pakai 200/250 nggak papa ya kita campur kan.

Nah setelah dicampurkan kemudian kita ratakan. Kita tinggal menutup dan menunggu.

Proses fermentasinya ini berlangsung sekitar 2 sampai 3 minggu agar benar-benar fermentasinya bagus ya.

Penutupnya harus benar benar rapat agar proses fermentasinya lebih sempurna. Setiap hari gasnya dikeluarkan agar larutan tidak meledak karena akan menghasilkan gas.

Setelah 2 sampai 3 minggu zpt tersebut sudah bisa kita gunakan.

Cara pemakaiannya adalah bisa dicampur dengan air atau pun kita juga bisa langsung disemprot ke tanaman.

Tapi saya lebih merekomendasikan disemprot langsung ke tananan karena penyerapannnya bisa langsung ke stomata daun.

Kita bisa menggunakan satu atau dua sendok dalam 1 liter air. kalau kita ingin yang lebih pekat bisa kita pakai 3 sampai 4 sendok dalam 1 liter air.

Kemudian sebaiknya disemprotkan pada tanaman pada pagi hari.

Demikianlah tips cara membuat zpt pembesar buah dengan bahan alami yang kaya akan hormon sitokinin, giberelin dan Auksin dan ini akan sangat bermanfaat sekali bagi kita yang suka bercocok tanam secara organik.

Larutan ini bisa kita pakai pada semua tanaman, baik itu tanaman bunga, tanaman buah

Kita bisa berikan zat perangsang buah tadi agar tananan kita bisa terus berproduksi sepanjang tahun. 

Akhir kata saya ucapkan terima kasih karena sudah membaca cara membuat zpt pembesar buah ini sampai selesai dan terima kasih.


Posting Komentar untuk "Cara Membuat ZPT Pembesar Buah"

Iklan di sini (iklan 1)
Iklan di sini (iklan2)
Iklan di sini (iklan 3)
Iklan di sini (iklan 4)
Iklan di sini (iklan 5)