Alat Pemupuk Jagung dan Penanam Jagung

Alat Pemupuk Jagung dan Alat Penanam Jagung - Pada kesempatan kali ini akan nge-review alat penanam jagung dan sekaligus memupuk tanaman jagung. 

Alat Pemupuk Jagung dan Penanam Jagung

Pada penanaman jagung secara tradisional biasanya para petani masih memanfaatkan sebatang kayu kecil dengan panjang lebih kurang satu setengah sampai dua meter dengan dilanjutkan di salah satu ujungnya untuk membuat lobang tanam yang disebut biasanya dengan nama tugal.

Saya akan mereview 2 alat sederhana yang bisa menjadi pengganti dari alat tanam tradisional. Yaitu alat tanam sistem tugal dan satu lagi alat tanam sistem dorong. 

Apa sih kelebihan dan kekurangan dari dua jenis Perbandingan kedua alat tanam jagung ini, sengaja tidak disebutkan merk dagangnya karena cara kerja alatnya sama saja.

Alat Pemupuk Jagung dan Penanam Jagung Sistem Dorong

Pertama kita lihat bahas keunggulan dari alat pemupuk jagung dan penanam jagung sistem dorong.

Keunggulan Alat Pemupuk Jagung dan Penanam Jagung Sistem Dorong

Baiklah kita mulai dengan keunggulan alat pemupuk jagung dan penanam jagung sistem dorong. Keunggulannya antara lain adalah:

  1. Yang pertama yaitu waktu dan tenaga kerja lebih efisien. Dari segi waktu dan tenaga kerja merupakan Keunggulan utama dari alat ini. Kenapa demikian karena bila biasanya jika menggunakan tugal manual memerlukan minimal 14 hari orang kerja untuk menanam jagung satu hektar tapi dengan alat ini cukup hanya 1-2 hari. Dari segi orang kerja saja cukup efisien bukan?
  2. Kedua sangat simple. Dengan dan cara penggunaan yang sangat mudah tinggal isi benih ke kotaknya lalu didorong sesuai alur jarak tanam yang diinginkan dan secara otomatis melubangi tanah berbarengan keluarnya benih sehingga badan tidak gampang capek bahkan menyenangkan.
  3. Ketiga jarak tanam bisa diatur jarak. Janam bisa diatur sesuai keperluan kita mulai dari 10 cm, 15 cm, 25 cm hingga 45 cm dengan cara merubah jarak katup tempat keluarnya benih dan keunggulan.
  4. Yang terakhir yaitu bisa sekaligus digunakan untuk pemupukan. Hal yang istimewa pada alat ini yaitu bisa digunakan untuk memupuk bersamaan dengan menanam jagung karena sudah disediakan kotak pupuk dan tempat keluar pupuk yang berjarak lima sentimeter dari lobang benih.

Kekurangan Alat Pemupuk Jagung dan Penanam Jagung Sistem Dorong

Sedangkan kekurangan dari alat pemupuk jagung dan penanam jagung sistem dorong ini diantaranya adalah:

  1. Harga tergolong mahal di pasaran, alat ini dibandrol dengan harga 1,3 juta sampai dengan 2,3 juta per unit dan itupun harus pesan melalui sistem online.
  2. dan kekurangan kedua yaitu tidak cocok untuk jenis tanah yang becek dan lengket.
Itulah beberapa keunggulan dan kekurangan dari alat pemupuk jagung dan penanam jagung sistem dorong.




Alat Pemupuk Jagung dan Penanam Jagung Sistem Tugal

Selanjutnya kita lihat keunggulan alat pemupuk jagung dan penanam jagung sistem tugal.

Keunggulan Alat Pemupuk Jagung dan Penanam Jagung Sistem Tugal

Keunggulannya alat pemupuk jagung dan penanam jagung sistem tugal ini adalah:

  1. Pertama yaitu waktu dan tenaga kerja lebih efisien. Berdasarkan pengalaman menggunakan alat tanam jagung ini dalam satu hektar memerlukan paling tidak 5 hari orang kerja. Cukup efisien bila dibandingkan dengan menggunakan tugal biasa yang.
  2. Kedua lebih simple sama dengan alat tanam sistem dorong, pada alat tanam sistem tugal ini juga tergolong simple. Tinggal sekali tugal otomatis benih keluar pada lobang tanam sehingga tidak banyak menguras tenaga
  3. Ketiga cocok digunakan untuk menyulam. Satu hal yang saya sukai dari alat tugal yaitu sangat cocok digunakan untuk menyulam jagung yang tidak tumbuh.
  4. Dan yang keempat masih bisa dipakai pada tanah yang agak becek dan lengket.

Kekurangan alat Pemupuk Jagung dan Penanam Jagung Sistem Tugal

Sedangkan kekurangannya jika dibandingkan dengan alat tanam sistem dorong yaitu hasil barisan tanaman kurang rapi serta ukuran jarak tanam yang tidak merata. 

Demikianlah penjelasan singkat mengenai dua alat pemupuk jagung dan penanam jagung sederhana yang bisa di kita gunakan dalam penanaman tanaman jagung sehingga bisa menghemat lebih banyak waktu dan tenaga dan tentu lebih menghemat biaya tanam. 

Mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi kalian para petani jagung pemula dalam memilih alat pemupuk jagung dan penanam jagung. 

 Yang mana yang terbaik untuk yang Kalian usahakan, silahkan dipikirkan sendiri.

Posting Komentar untuk "Alat Pemupuk Jagung dan Penanam Jagung"

Iklan di sini (iklan 1)
Iklan di sini (iklan2)
Iklan di sini (iklan 3)
Iklan di sini (iklan 4)
Iklan di sini (iklan 5)